20160729-7__kandidat-kandidat_terbaik_pengganti_mascherano_1.jpg
Barcelona akan kehilangan sosok Javier Mascherano. Pemain asal Argentina ini dikabarkan sudah siap bergabung dengan Juventus. Dengan kepergian Mascherano nanti, Barcelona wajib mencari sosok pengganti yang ideal. Selama ini, Mascherano tampil sangat memuaskan di sektor belakang skuad. Meski tidak menempati posisi standarnya sebagai gelandang, Mascherano terbukti sangat cocok dan pas menguasai barisan pertahanan dengan dia sendiri sebagai pusatnya. Prestasinya di Barcelona pun meliputi dua trofi Champions, Copa del Rey, dan empat kali juara liga. Sulit rasanya membayangkan Barcelona bisa mendapatkan sosok penggantinya dengan cepat dan mudah. Tapi ada sejumlah kandidat yang barangkali bisa dipertimbangkan oleh Barcelona untuk menggantikan Mascherano.

Kandidat pertama adalah Samuel Umtiti dari Lyon. Ia merupakan sosok pemain belakang yang sangat fleksibel. Bisa ditempatkan di bagian kiri atau bagian tengah pertahanan. Usianya yang masih muda juga menjadi bahan pertimbangan yang sangat penting bagi Barcelona untuk segera memanggillnya. Sejak tahun 2012, ia membela Lyon dan membuktikan diirnya sebagai salah satu barisan muda yang tangguh dan kelak menjadi skuad masa depan. Tidaklah aneh jika banyak klub yang sudah menyiratkan ketertarikan mereka pada pemain berusia 22 tahun ini. Jika tak ingin keduluan klub lain, Barcelona sebaiknya segera mengajukan penawaran kepada Umtiti.

Kandidat berikutnya adalah John Stones dari Everton. Beberapa bulan ini, ia memang sering dikabarkan segera hengkang dari klub. Dari Liga Utama Inggris sendiri, ada tiga klub besar yang menyatakan minatnya. Mereka adalah MU, Manchester City, dan Chelsea. Nama Stones memang semakin melambung terlebih ketika dirinya dimasukkan dalam skuad tim nasional Inggris untuk kompetisi Euro 2016. Barcelona adalah klub dari luar Inggris yang sudah sering dikaitkan dengan Stones. Di usianya yang masih 21 tahun, Stones seharusnya bisa memutuskan mana yang paling tepat sebagai tujuan berikutnya selepas dari Everton. Sementara itu, Barcelona pun membutuhkan sosok muda yang bukan cuma menggantikan posisi Mascherano, namun sekaligus menyempurnakannya.
Eric Bailly dari Villareal juga menjadi salah satu kandidat pengganti Mascherano. Usianya masih 22 tahun namun sudah berkali-kali menunjukkan bakat luar biasa sebagai pemain bertahan. Ia bisa ditempatkan sebagai bek tengah atau menjadi pemain bertahan total di sektor belakang. Prestasinya di Villareal pun sangat mengagumkan. Tim ini berhasil menempati peringkat empat di klasemen liga dan memberikan mereka kesempatan untuk mendapatkan tiket ke Champions.

Marquinhos pun disebut-sebut sebagai sosok pengganti Mascherano yang ideal. Saat ini ia bermain untuk PSG, namun nama Barcelona semakin sering diidentikkan kepadanya. Apalagi dengan kabar kepindahan Mascherano ke Juventus, namanya semakin lekat dalam berbagai pemberitaan di media. Uniknya, sebelum bergabung dengan PSG, namanya pun sudah beberapa kali dikaitkan dengan Barcelona. Kali ini, Barcelona sebaiknya tak melepaskan peluang untuk mendapatkan bek tangguh ini karena banyak klub besar di Eropa yang sebenarnya menginginkan sosok Marquinhos.
Aymeric Laporte dari Athletic Bilbao adalah kandidat muda terakhir yang disebut-sebut akan menggantikan Mascherano. Beberapa klub besar di La Liga telah melirik dirinya. Tapi banyak pula klub dari Liga Utama Inggris yang sudah lama mengincar dirinya. Ia masih merusia 21 tahun dan bentangan perjalanan karinya masih sangat panjang. Keputusan yang terbaik adalah bergabung dengan sebuah klub yang akan menghadirkan harmonisasi ideal dengan bakat dan kemampuannya. Apakah Barcelona akan memanggil dirinya sebagai pengganti Mascherano? Kita tunggu saja kabar berikutnya.